Nah, Berapa Rp yang kau buat seumur hidupmu?

Ketika di dunia tempat kita tinggal sekarang ini seringkali seseorang diukur dengan kemapuan finansialnya, pengukuran ini dilakukan oleh sesama manusia  dan organisasi kepada perorangan untuk berbagai kepentingan, baik pemerintahan, pembangunan, mencari konsumen, sampai menikah, pertanyaannya apakah pertanyaan di atas pernah muncul di benak kita?

mari kita berandai-andai, jika ada seorang pegawai biasa dengan penghasilan total Rp5juta per bulan, maka dalam setahun dia mampu menghasilkan Rp60juta, asumsi di luar inflasi dan faktor lainnya, jika angka RP5juta per bulan adalah rata2 penghasilan seumur hidupnya produktifnya dari umur 25-65 tahun, maka selama 40 tahun dia menghasilkan  2,4M.

Sebesar itu?

Ya, memang itulah. Sekarang masalahnya adalah seberapa besarkah baiknya kita memiliki rata2 penghasilan per bulan? Jawabannya kembali seberapa besar visi, target, dan kesiapan kita. Tidak ada ukuran yang standar dan pasti menurut saya, karena kebutuhan tiap orang berbeda.

Pertanyaan tersebut menjadi penting ketika ingin mengukur sesuatu pencapaian, sekarang bagaimana anda bisa bilang sesuatu itu tercapai bila tidak ditetapkan sebelumnya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s