My Asus Eee PC 1005HA “The Best Travel Companion”

Asus Eee PC on the desk

Dengan Asus Eee PC, saya mendapati hidup dan pekerjaan saya lebih ringan, lebih efisien, lebih menarik, dan tentu saja lebih menyenangkan…

Sebagai seorang auditor pemerintah yang ditugaskan di salah satu provinsi di Pulau Sumatera saya dituntut untuk bekerja secara mobile dalam arti yang sebenarnya. Jarak tempuh yang jauh dan lama, perjalanan darat yang melelahkan, berganti-ganti lokasi dan kendaraan,  membawa berbagai dokumen plus barang pribadi, tas berisi laptop yang berat serta aneka peripheral dan gadget sungguh menguras stamina.

Sepanjang karir sebagai auditor, saya merasa kondisi lingkungan kerja dengan laptop lama saya yang berat dan daya tahan baterai yang terbatas bukanlah kombinasi yang sesuai (meski terbantu dengan layar 14″ yang cukup lega), sampai akhirnya saya memutuskan untuk mengganti laptop lama yang berat dengan yang lebih ringan dan memiliki daya tahan baterai lebih lama tanpa mengorbankan hasil pekerjaan.

Pada saat awal pemilihan saya sungguh bingung karena begitu banyak pilihan yang sekilas mirip satu sama lain. Namun jujur saya dari dulu sudah melirik Asus Eee PC sejak generasi pertama di 2007. Akhirnya tanpa ragu saya memilih ASUS Eee PC Seashell 1005HA warna putih di akhir 2009 lalu.

Asus Eee PC  ini mampu menjawab berbagai kebutuhan saya, antara lain karena:

Baterai tahan lama (long life battery): Saya sering menjalani beberapa jam di atas kendaraan, atau seringkali listrik mati beberapa kali sehari, atau berada di wilayah yang tidak ada listrik sementara saya harus bekerja dengan laptop 14″ dengan baterai seadanya. Asus Eee PC dengan daya tahan baterai s/d 8.5 jam (Up to 8.5 hours battery life) sungguh menjadi jawaban yang sangat berarti bagi saya. Sementara rekan kerja lain sudah tidak dapat bekerja dan hanya menunggu listrik hidup, saya dapat terus menyelesaikan tugas saya, lalu mencetak dokumen saat listrik  dan printer hidup, dan tentu saja beristirahat pada waktunya. Inilah alasan utama saya beralih ke Asus Eee PC dan tentu saja fitur yang paling saya sukai darinya. Untuk itu saya sangat berterima kasih pada para perancang Asus Eee PC atas prestasinya ini.

Ringan (lightweight): Dengan berat hanya sekitar 1 kg (termasuk baterai) Asus Eee PC sungguh-sungguh meringankan beban pundak saya, dan tentu saja mengurangi rasa sakit dan pegal yang harus ditanggung jika membawa laptop >3kg. Charger baterainya pun ringan dan kecil sehingga tidak memakan tempat. Praktis charger ini bisa sering ditinggal karena saya cukup pede dengan daya tahan baterai Eee PC yang kuat diajak bekerja seharian.

Desain: Saya sungguh suka dengan desainnya yang tetap terlihat langsing & gaya (slim & stylish) meskipun memiliki 6 cell baterai yang powerful, beda dengan netbook lain yang baterai 6 cell nya terlihat menonjol mengganggu pemandangan dan pegangan, plus desain kerang laut yang cantik dan warna putih pilihan saya Asus Eee PC sungguh enak dilihat (dan menarik perhatian tentu saja).  Dengan desain seperti ini saya masih punya banyak sisa space di tas laptop .

Kenyamanan (Great User Comfort): saya sungguh terkesan dengan kenyamanan yang diberikan Eee PC. Pertama, keyboard yang besar dan lega (92% scale K/B) dibanding rival-rivalnya. Bagi saya yang terbiasa dengan keyboard laptop 14″ tidak menemui kesulitan adaptasi yang berarti saat pindah ke Eee PC.  Selain itu fitur instant key membantu saya dalam bekerja, seperti shortcut standby/suspend mode (fn+f1) super cepat yang sungguh berguna ketika saya harus  segera mengalihkan perhatian dan waktu ke hal lain tanpa membuang-buang energi baterai Asus Eee PC. Selain itu waktu booting dan shutdown yang sangat cepat sungguh menyenangkan hati saya, mungkin hal ini dikarenakan fitur Fast 2.5” HDD, Alhamdulillah, akhirnya saya tidak lagi harus menunggu lama ketika harus segera mengerjakan dan mengakhiri sesuatu dengan laptop.

Masih banyak lagi manfaat dan hal lainnya yang saya suka dari Eee PC, seperti tiga slot USB di kedua sisi kiri kanan  yang memudahkan  untuk posisi modem, mouse, printer, dan peripheral lainnya, koneksi internet lebih menyenangkan dan menenangkan karena tidak khawatir baterai cepat habis, instant key on/off untuk touchpad sehingga tidak takut tersentuh saat bekerja, RJ45 port untuk koneksi dengan LAN kantor, dan pengalaman menonton video yang enak dilihat dengan Eee Splendid plus layar LED yang jernih dan hemat energi.

Saya berikan penghargaan setinggi-tingginya kepada para perancang Asus Eee PC atas produk cantik yang bernilai  guna tinggi ini dan tentu saja saya ucapkan terima kasih untuk harga yang begitu bersahabat. Saya setuju dan lebih suka menyebut Asus Eee PC sebagai “The Best Travel Companion”.

Asus Eee PC adalah investasi yang tidak pernah saya sesali

http://eeepc.asus.com/id/myeeepcmylife.html

5 thoughts on “My Asus Eee PC 1005HA “The Best Travel Companion”

  1. harganya sekitar berapa ya? lumayan buat anak sekolah spt saya. Ringan dan tahan lama itu memang kelebihan yg dicari…

    Like

    • halo bro revo,
      dulu belinya 3,5jt bro, ini yg versi lama hdd msh 160gb n msh kenceng meski pake 1gb ddr, kl yg 250gb skg ini pake 2gb ddr spy bs ngimbangin, hrg sktr 3,8-4,0jt

      yup, cucok dipake anak2 sampe kerja profesional, asal ngga berat2 aplikasinya
      ringan dibawa2, pake satu tangan aja bisa, batere berguna di negara yg krisis listrik spt Indonesia tercinta ini …

      Like

    • halo bro johar,
      yg sy pakai win xp home ori, bawaan asus
      kl pake win 7 krg tahu jg bro
      tp scr performa generasi intel atom pertama s/d skg tdk banyak perubahan signifikan
      jd mungkin sj msh kuat asal tdk sering2 dipakai multi tasking🙂
      selamat mencoba…

      Like

Leave a Reply

